Siapakah mereka yang dimaksud dengan tokoh pendiri negara itu/ TheFounding Fathers?

Hai, sahabat BACAHUB, baca peoples… 

 Siapakah mereka yang dimaksud dengan tokoh pendiri negara, Bapak bangsa Indonesia atau yang sering disebut TheFounding Fathers? 


 Bapak bangsa Indonesia adalah julukan bagi tokoh Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan dan berdirinya Negara Republik Indonesia. Para tokoh yang mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk berdirinya sebuah negara. Seperti menyusun rancangan dasar negara Indonesia merdeka, menyusun rancangan hokum dasar bagi negara Indonesia merdeka, menyusun teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, menyusun struktur Negara Republik Indonesia dan sebagainya hingga menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri sejajar dengan negara-negara merdeka lainnya di dunia. 

 Berdirinya Negara Republik Indonesia ditandai dengan peristiwa bersejarah yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Namun demikian Proklamasi kemerdekaan Indonesia bukanlah peristiwa yang serta merta terjadi. Peristiwa Proklamasi dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesiamerupakan bagian dari rangkaian perjuangan panjang bangsa Indonesia dalam usahanya mewujudkan cita-cita merdeka. 

 Berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak lepas dari peran para tokoh bangsa Indonesia dalam BPUPKI dan PPKI. Sesuai dengan tujuan pembentukannya, ada perbedaan peran antara BPUPKI dengan PPKI. BPUPKI berperan dalam mengkaji dan menelaah, yaitu pendapat-pendapat yang diajukan dalam sidang BPUPKI di bahas dan ditanggapi oleh para anggota lainnya. Sedangkan PPKI berperan untuk mengambil keputusan, pendapat-pendapat yang diajukan dalam sidang PPKI dirundingkandan dimusyawarahkan untuk pengambilan keputusan. 

  Ada banyak sekali tokoh BPUPKI-PPKI yang berperan dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diantaranya ialah tokoh-tokoh yang berperan dalam proses perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dalam proses perumusan Undang-Undang Dasar badan yang berperan adalah BPUPKI. Sedangkan dalam proses pengesahan Undang-Undang Dasar badan yang berperan adalah PPKI. 

  Tokoh-tokoh BPUPKI yang memegang peran dalam proses perumusan hukum dasar tersebut antara lain ialah Dr. KRT. Radjiman Wedyodiningrat (Ketua BPUPKI), Ir. Soekarno (anggota BPUPKI yang menjadi Ketua Panitia Perancang Hukum Dasar), Drs. Moh. Hatta (anggota BPUPKI yang menjadi Ketua Panitia Perancang Ekonomi dan Keuangan), Abikoesno Tjokrosoejoso (Anggota BPUPKI yang menjadi Ketua Panitia Perancang Pembelaan Tanah Air). Ada pula Panitia Penghalus Bahasa yang terdiri atas Djajadiningrat, Salim, dan Soepomo.
tokoh pendiri negara itu/ TheFounding Fathers
Untuk lebih mengenal dan meneladani semangat serta komitmen para tokoh yang memegang peran penting dalam proses perumusan Undang-Undang Dasar tersebut Anda dapat mengikuti uraian berikut ini Baca selanjutnya>>>>>>>>>> Mengenal peran para tokoh pendiri NKRI dalam merumuskan dan menetapkan dasar-dasar NKRI.



Sumber rujukan materi :

Darmodiharjo, Darji.1988. Santiaji Pancasila, Suatu Tinjauan Filosofi s, Historis dan
Yuridis Konstitusional. Surabaya: Usaha Nasional.

Lukman Surya S, Aa Nurdiaman, dan Salikun. 2016. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sekretariat Negara RI. 1998. Risalah Sidang BPUPKI PPKI 28 Mei 1945-22 Agustus
1945. Jakarta: Sekretariat Negara Reublik Indonesia.


Sugito, AT. 2002. Pendidikan Pancasila. Semarang: UPT MKU UNNES.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Siapakah mereka yang dimaksud dengan tokoh pendiri negara itu/ TheFounding Fathers?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel